Belanda Kembalikan 288 Benda Bersejarah Indonesia, Termasuk 4 Patung dari Jawa

Ilustrasi Belanda
Sumber :
  • (Pixabay/jackmac34)

JatengBelanda sepakat untuk mengembalikan 288 benda dari Dutch State Collection atau Badan Koleksi Negara Belanda ke Indonesia. Hal itu merupakan tanggapan permintaan Indonesia.

Benda-benda tersebut, termasuk sejumlah di antaranya dari Jawa, dibawa ke Belanda selama masa kolonial dan memiliki kepentingan budaya bagi Indonesia.

Dalam keterangan tertulis dari Kedubes Belanda di Jakarta yang dikutip Selasa (1/10/2024), Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda Eppo Bruins telah membuat keputusan untuk mengembalikan benda-benda budaya tersebut. Ia mengikuti saran dari Komite Koleksi Kolonial yang diketuai oleh Lilian Gonçalves-Ho Kang You.

"Ini adalah kedua kalinya kami mengembalikan benda-benda yang seharusnya tidak pernah ada di Belanda, berdasarkan rekomendasi dari Komite Koleksi Kolonial. Pengembalian benda-benda ini penting terkait dengan ganti rugi materiil," ujar Menteri Bruins.

Benda-benda budaya tersebut saat ini merupakan koleksi Wereldmuseum. Para ahli dan organisasi di bidang museum dan koleksi di Belanda dan Indonesia bekerja sama secara intensif untuk memungkinkan pengembalian ini.