Selamat, Menlu RI Retno Marsudi Jadi Nama Bunga Tulip di Belanda

Retno Marsudi jadi nama bunga tulip di Belanda.
Sumber :
  • Instagram @ministerbz

Jateng – Kabar membanggakan datang dari Belanda. Nama Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi dijadikan nama bunga tulip di Belanda.

Menteri Luar Negeri (menlu) Belanda Caspar Veldkamp memberikan kehormatan tersebut sebagai penghargaan dan simbol hubungan bilateral yang terjalin erat antara Indonesia dan Belanda.

"Sertifikat ini menyatakan bahwa pada 16 September 2024, Otoritas Pendaftaran Kultivar Internasional untuk tulip, Royal General Blubgrowers Association (KAVB) di Hillegom, Belanda telah memesan nama Retno Marsudi untuk tulip harum dengan pinggiran berwarna putih yang ditanam oleh Jan Ligthart, Den Helder, Belanda," demikian petikan pernyataan atas penghormatan yang tertuang dalam sertifikat yang diberikan Menlu Belanda Caspar Veldkamp ke Retno Marsudi saat kunjungan kerja ke Den Haag, Senin (16/9/2024) seperti dikutip dari Instagram @retno_marsudi, Rabu (2/10).

Menlu Veldkamp juga memberikan penghargaan "Badge of Honor for Merits" kepada Menlu Retno Marsudi, karena peran pentingnya dalam hubungan diplomatik antara kedua negara dalam 12,5 tahun terakhir.

"Cara kami berhubungan dengan baik merupakan bukti dari kerja sama kami yang luas di bidang politik, ekonomi dan budaya," tulis Menlu Veldkamp melalui akun Instagram @ministerbz.

Merespons kedua penghargaan tersebut, Menlu Retno menyatakan "saya merasa terhormat menerima Golden Order of Merit dari Kementerian Luar Negeri Belanda. Saya juga sangat tersentuh ketika FM Caspar Veldkamp memberi tahu saya bahwa sebuah tulip telah diberi nama saya… Tulip merah dan putih bernama 'Retno Marsudi'."

"Terima kasih banyak… Itu memang kejutan yang menyenangkan," imbuhnya seperti tertuang dalam akun Instagram @retno_marsudi.