ASN, Pensiunan hingga Siswa Sekolah Dikerahkan untuk Sambut Jokowi Pulang ke Solo 20 Oktober

Jan Ethes, cucu dari Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi di HUT TNI
Sumber :
  • Setpres

Jateng – Pemerintah Kota Surakarta akan mengerahkan puluhan ribu orang untuk menyambut kepulangan Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Oktober, usai purna tugas dari jabatan Presiden RI periode 2014-2019 dan 2019-2024. 

Kepala Bagian Protokol, Komunikasi, dan Administrasi Publik (Prokompim) Kota Surakarta, Sulitiarini mengatakan pemkot Surakarta akan memobilisasi massa dari berbagai kalangan untuk penyambutan Jokowi di Solo.  

"Kami sudah koordinasi dengan protokol istana dan jajaran TNI/Polri. Pak Jokowi akan menuju Solo tanggal 20 Oktober,  pukul 16.00 WIB pesawat mendarat di Bandara Adi Soemarmo," kata  Sulistiarini di Solo, Jawa Tengah, Jumat, 18 Oktober 2024

Menurutnya, beberapa pihak yang dilibatkan dalam penyambutan tersebut di antaranya jajaran Forkompimda Provinsi Jawa Tengah, Forkompimda Kota Surakarta dan koordinator, jajaran OPD, tokoh masyarakat, tokoh lintas agama, dan pensiunan PNS yang pernah berdinas di era Jokowi saat masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

"Selain itu, di penyambutan kami juga melibatkan anak sekolah, masyarakat, ASN. Mereka akan memenuhi sepanjang jalan dari Makuta (tugu perbatasan Karanganyar dan Surakarta) sampai Sumber," ujarnya

Ia mengatakan sesuai dengan instruksi Penjabat Sementara Wali Kota Surakarta Dhoni Widianto dan Sekda Kota Surakarta Budi Murtono agar ada pengerahan massa sebanyak mungkin.

"Dari Dinas Pendidikan siap, mungkin puluhan ribu. Anak-anak sekolah akan diberi bendera Merah Putih untuk dikibarkan saat rombongan Pak Jokowi lewat," katanya.