Pilot Philip Mark Mehrtens Dibebaskan OPM, Susi Pudjiastuti: Alhamdulillah, Allah Maha Besar!

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens dibebaskan OPM
Sumber :
  • Ist

Jateng – Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera selama 1 tahun 7 bulan  sejak tanggal 7 Februari 2023 oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau OPM Kodap 3 Dugama pimpinan Egianus Kogoyadi wilayah Nduga akhirnya dibebaskan. 

Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Po r Faizal Ramadhani membenarkan pembebasan Philip dari tangan KKB. Menurutnya, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Republik Indonesia untuk membebaskan Pilot Philip, dan selama ini mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach. 

"Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri" jelas Faizal.

Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh tersebut. Akhirnya membuahkan hasil, pada hari ini Sabtu, 21 September 2024, Pilot Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Dr Bayu Suseno menjelaskan bahwa Pilot Philip berhasil dibebaskan dan dijemput oleh tim gabungan bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kab Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika" jelas Bayu

Selanjutnya Pilot Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil.