Gelar SMK Series, TJSL INKA Tingkatkan Ketrampilan Siswa Kejuruan untuk Masuk Dunia Kerja

Program SMK Series PT INKA Persero
Sumber :
  • Ist

JatengPT INKA (Persero) berkomitmen untuk mendukung pendidikan kejuruan di Indonesia, khususnya di wilayah Madiun, Banyuwangi dan sekitarnya. Salah satu program unggulan mereka adalah Program SMK Series

Program yang masuk bagian dari implementasi TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) ini dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara kebutuhan industri dan pendidikan, serta bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

''Sebagai bagian dari Program SMK Series, Pelatihan Welding untuk SMK Binaan diadakan dengan tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan industri, terutama proyek PT INKA. Tahap pertama yakni pelatihan magang ini berlangsung dari 29 November 2023 hingga 30 Desember 2023, yang dilanjutkan dengan Program Magang Pengelasan Bersertifikat mulai Maret hingga Agustus 2024,'' terang General Manager Keuangan, Akuntansi dan TJSL PT INKA (Persero), Edwyn Dwi Cahyo, Selasa, 1 Oktober 2024.

Edwyn merincikan, pelatihan tahap pertama itu, pengelasan melibatkan 40 siswa dari  4  (empat) SMK Binaan, yaitu SMKN 1 Wonoasri, SMKN 1 Kebonsari, SMKN 1 Bendo, SMKN 1 Jenangan.

"Hingga bulan Juni 2024, tercatat 40 siswa yang masih aktif mengikuti program pengelasan hingga magang di tahap pertama. Dari jumlah tersebut, mayoritas peserta berhasil mendapatkan status sebagai PKWT (Pegawai Kontrak Waktu Tertentu) di PT INKA (Persero) maupun di anak perusahaannya, PT INKA Multi Solusi (IMS)," lanjutnya. 

Melanjutkan kesuksesan tahap pertama, pelatihan Pengelasan tahap kedua dilaksanakan mulai 30 Juli hingga 2 Agustus 2024, yang dilanjutkan dengan Magang Pengelasan Bersertifikat dari Agustus hingga November 2024.  Program tahap kedua ini melibatkan 40 siswa dari  5 (lima) SMKN 1 Wonoasri, SMKN 1 Kebonsari, SMKN 1 Madiun, SMKN 1 Bendo, dan SMKN 1 Jenangan.

"Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta menerima Sertifikat Pengelasan Industri Internal dari PT INKA (Persero), yang membuktikan bahwa mereka telah mendapatkan pelatihan berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri," kata Edwyn.