Dua Hari Diguncang Gempa! Jawa Tengah Alami Gempa Terakhir di Cilacap

Ilustrasi - getaran gempa
Sumber :
  • pixabay/Tumisu

Cilacap, VIVAJateng – Selama dua hari terakhir, wilayah Jawa Tengah diguncang oleh serangkaian gempa. Gempa terakhir terjadi di Cilacap pada Senin 26 Februari 2024 pukul 08.39.30 WIB.

Dampak Gempa Guncang Batang, 12 Warga Alami Luka-luka

Menurut catatan BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, pusat gempa Magnitudo 3.4 berlokasi di Samudera Hindia, sekitar 65 kilometer sebelah tenggara Cilacap.

"Sejauh ini belum ada laporan masyarakat kerusakan atau dirasakan gempa di wilayah tersebut," jelas petugas BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, Senin, 26 Februari 2024

Apa Penyebab Gempa di Batang? Ini Kata BMKG

Pada hari Minggu 25 Februari 2024 yang lalu, gempa-gempa berkekuatan magnitudo 2.3 dan 2.4 terasa di Salatiga dan Grobogan, sesuai dengan catatan BMKG.

Hanya berjarak sekitar satu jam, gempa-gempa terjadi di Salatiga dan Grobogan. Gempa di Salatiga pada pukul 19.16 WIB, dan di Grobogan pada pukul 20.20 WIB. Gempa-gempa ini nyaris bersamaan dengan gempa 5.7 di Lebak Banten.

Maju Pilgub Jateng, Ini Harapan Pedagang Pasar di Kebumen untuk Sudaryono

Gempa di Salatiga berpusat di 10 kilometer tenggara kota tersebut dengan kedalaman 17 km. Sementara itu, gempa di Grobogan berlokasi di 21 kilometer barat daya kota tersebut dengan kedalaman 60 km.

Gempa itu tidak menimbulkan dampak yang dirasakan atau merusak apa pun, menurut laporan yang ada.

Halaman Selanjutnya
img_title