Logo HUT Jateng ke-79: Filosofi dan Nilai Luhur Maju Gemilang

Logo Hut Jateng ke-79
Sumber :

Jateng – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menetapkan logo peringatan Hari Jadi ke-79. Dengan mengusung tema “Maju Gemilang”, logo ini mengintegrasikan kekayaan budaya dan nilai-nilai luhur dalam desain modern yang dinamis.

Dilansir dari jatengpemprov.go.id, Selasa (6/8/2024), integrasi angka dan budaya yang di dalamnya terdapat ilustrasi tokoh wayang dan Candi Borobudur tersebut memiliki filosofi tersendiri yang berkaitan dengan usia daerah tersebut.

Berikut filosofi logo tersebut :

Angka ’79’ dalam logo bukan sekadar angka, tetapi simbol bermakna yang menggabungkan elemen tradisional dan filosofi Jawa.

Tokoh Wayang Arjuna, melambangkan kepemimpinan bijaksana, keberanian, dan integritas, mencerminkan semangat masyarakat Jawa Tengah menjaga nilai-nilai budayaluhur.

Angka 7 dalam bentuk keris melambangkan kekuatan dan kewibawaan, menunjukkan bahwa kemajuan berakar pada budaya dan tradisi.

Angka 9 dengan garis melengkung yang dinamis, mewakili kemakmuran dan pertumbuhan yang berkelanjutan, menunjukkan bahwa Jawa Tengah bergerak menuju masa depan yang gemilang dengan energi dan semangat yang tak terhentikan. selain itu angka 9 mewakili sembilan filosofi jawa yang melandasi kehidupan. Yakni hidup bermanfaat; mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; bijak dan sabar; menang tanpa merendahkan; tabah; tidak manja; tidak rakus; berlaku jujur dan tidak merasa pandai; selalu semangat.

Kombinasi angka 7 dan 9 menggambarkan persatuan dan kerja sama, dengan warna merah melambangkan keberanian dan semangat. Logo ini mencerminkan sinergi pemerintah dan masyarakat Jawa Tengah menuju masa depan yang gemilang.

Jateng Belum Masuk Musim Hujan, Ini Imbauan BMKG