Polda Jateng Siap Netral di Pilkada 2024

ilustrasi Garis polisi
Sumber :
  • pixabay

Jateng – Kepolisian Daerah Jawa Tengah berkomitmen menjaga netralitas pada Pemilihan Kepala Daerah serentak 2024.

Wakil Kepala Polda Jateng, Brigadir Jenderal Agus Suryonugroho, menegaskan siap bersinergi dengan Badan Pengawas Pemilu dan Kejaksaan demi mengawal pemilihan serentak di level kabupaten/kota maupun provinsi.

“Netralitas kita menjadi kunci suksesnya gelaran pesta demokrasi, dan ini menjadi tanggung jawab kita semua. Semoga kita bisa mengawal pemilu dengan baik dan menghasilkan proses demokrasi yang aman dan lancar,” kata Agus, Karanganyar, Rabu, 7 Agustus 2024.

Agus mengungkap Pilkada serentak 2024 di Jateng merupakan kontestasi yang sah memperebutkan jabatan dan kekuasaan.

Agus menyatakan Polda Jateng punya pengalaman mengawal proses demokrasi pada Pemilu 2024.

“Pengalaman kita kemarin Polda Jateng telah berhasil mengamankan proses Pemilu Pilpres 2024. Ini membuktikan bahwa kita bisa mengawal proses demokrasi," ujarnya menegaskan.

Demi menjaga netralitas, Polda Jateng menggelar dan Rakor Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pilkada 2024 di Karanganyar, Jateng, Selasa, 6 Agustus 2024.

Kegiatan itu dihadiri Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng, beserta Kapolres dan Kasat Reskrim dari 35 kabupaten/kota se-Jateng.

Agus berharap pada saat proses Pilkada, petugas benar-benar menjalankan prosedur standar dalam melaksanakan tugas.

"Prinsip penegakan hukum Sentra Gakkumdu dalam mencari kebenaran dan menegakkan keadilan adalah kepastian pemanfaatan hukum secara cepat, sederhana, biaya murah dan tidak memihak siapa pun,” tegasnya.

Kanigoro Network: Ahmad Luthfi-Taj Yasin Ungguli Pemilih Baby Boomers