DPRD Jateng Bentuk 8 Fraksi

Rapat Paripurna DPRD Jateng
Sumber :
  • Rizky Adam

Jateng – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah periode 2024-2029 sepakat telah membentuk delapan fraksi. Pembentukan disahkan dalam rapat paripurna, Senin (9/9), yang dipimpin sementara Sumanto dan Syarif Abdillah. 

Jawa Tengah Terus Tumbuh Kembangkan Perekonomian Syariah

Sumanto menyebutkan dari kedelapan fraksi itu, satu diantaranya merupakan gabungan tiga partai. Kedelapan fraksi yang terbentuk adalah PDI Perjuangan, PKB, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, PPP dan Fraksi Amanat Nasional Solidaritas (gabungan PAN, Nasdem, PSI).

“Alhamdulillah, mengawali masa sidang ini kami telah membentuk delapan fraksi, dengan satu diantaranya adalah fraksi gabungan. Dari delapan fraksi sudah diputuskan pula pimpinannya yakni ketua, wakil ketua, dan sekretaris,” ucap Sumanto usai memimpin rapat paripurna.

6.734 Pelamar Berebut 265 Posisi CPNS Pemprov Jateng

Pada pembentukan fraksi, dari PDI Perjuangan ditunjuk Abang Baginda Muhammad Mahfuz Hasibuan sebagai Ketua Fraksi, Denny Nurcahyanto sebagai Wakil Ketua, dan Juli Krisdiyanto sebagai Sekretaris. Selanjutnya dari PKB untuk Ketua Fraksi dijabat Abdul Hamid, Wakil Ketua Siti Rosidah, dan Sekretaris Ni’matul Azizah. Partai Gerindra untuk Ketua Fraksi adalah Rohmat Marzuki, Wakil Ketua Sudarsono, dan Sekretaris Dwi Yasmanto.

Selanjutnya Partai Golkar, Ferry Wawan Cahyono ditunjuk sebagai ketua fraksi, Imam Teguh Purnomo (Wakil Ketua), Anton Lami Suhadi (Sekretaris). Untuk PKS, Muhammad Afif (Ketua Fraksi), Sururul Fuad (Wakil Ketua), dan Ida Nurul Farida (Sekretaris). Fraksi Demokrat diketuai Kartina Sukawati, Wakil Ketua Agus Wijayanto, dan Sekretaris Ardhie Kurniawan.

Andika Perkasa Optimis Menang di Pilkada 2024: Jawa Tengah Kandang Banteng

Dari Fraksi PPP, Ketua dijabat Muhammad Naryoko, Wakil Ketua Ja’far Shodiq, dan Sekretaris Sholeha Kurniawati. Sementara untuk Fraksi Amanat Nasional Solidaritas, jabatan ketua fraksio diserahkan kepada Sofwan Sumadi, Wakil Ketua Antonius Yoga Prabowo, dan Sekretaris Faiz Alaudien Reza Mardhika.

Pada rapat paripurna tersebut, DPRD juga menunjuk Abang Baginda Muhammad Mahfuz Hasibuan sebagai Ketua Tim Penyusun Peraturan Tata Tertib DPRD dibantu Nur Saadah sebagai wakil ketua. Tim penyusun diisi 37 orang dari perwakilan semua fraksi.