Jokowi Akan Resmikan Kampung Seni Borobudur

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana
Sumber :
  • Humas Pemprov Jateng

Jateng – Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meninjau Kampung Seni Borobudur di Desa Kujon, Kabupaten Magelang, Rabu 25 September 2024. 

Kakanwil Musta’in Ahmad Sampaikan Upaya Preventif Jaga Kerukunan di Jateng

Ia memastikan kesiapan kampung yang rencananya segera diresmikan Presiden RI Joko Widodo.

Kampung seni ini merupakan bagian dari Pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Kawasan Candi Borobudur. Terdapat berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan. Antara lain area parkir yang luas (menampung 507 unit motor, 456 unit mobil dan 80 unit bus), kios cinderamata dan kuliner, museum dan amphitheater.

Tol Solo - Yogya Resmi Beroperasi, Antusias Masyarakat Tinggi

"Pasar Kujon ini dianggarkan dan mulai dibangun di tahun 2024, saat ini sudah selesai. Artinya sudah siap diresmikan,” kata Nana usai tinjauan. 

Nana menuturkan, penataan kampung seni seluas 10,74 hektar tersebut dibiayai dari APBN. Total anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan fisik sebesar Rp253,2 miliar. Sedangkan Pemprov Jateng mendukung penataan kampung tersebut dengan berkontribusi dalam pengadaan lahan.

Momen Andika Perkasa Dicuekin saat Ajak Salaman Kapolda dan Pj Gubernur Jateng

Sementara itu, Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto menambahkan, sebanyak 1.493 pedagang sudah menempati kios - kios di Kampung Seni Borobudur. Kampung Seni Borobudur ini dikonsep terkoneksi langsung dengan Candi Borobudur. Sehingga, semua wisatawan yang mengunjungi candi, dipastikan akan melintasi Kampung Seni Borobudur.

"Nanti pengunjung yang akan berkunjung ke zona 2, harus melalui pasar seni dulu,” kata dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title