Mudik Gratis Jateng 2023 Sediakan 485 Kursi untuk Perantau Jabodetabek

Ganjar Pranowo
Sumber :
  • viva.co.id

Jateng –Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah membuka program pendaftaran mudik gratis untuk warga Jateng yang akan pulang kampung pada masa mudik Lebaran 2023. 

Program ini menyediakan 485 kursi bagi perantau di Jabodetabek yang ingin kembali ke Jateng. Namun, kuota tersebut terisi penuh dalam waktu singkat hanya dalam 5 jam setelah dibuka pada Rabu, 15 Maret 2023. Tingginya antusiasme warga mengakibatkan sistem pendaftaran terkendala teknis.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengungkapkan bahwa antusiasme warga sangat tinggi dalam mengakses program ini. Karena itu, situs pendaftaran sempat mengalami kendala teknis. 

Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan cepat. Ganjar Pranowo berharap program ini dapat dilayani lebih banyak lagi sehingga masyarakat Jateng di luar Jabodetabek juga dapat mengakses mudik gratis.

Menyikapi hal tersebut, Ganjar Pranowo mengimbau kota-kota yang akan dilalui oleh program Mudik Gratis untuk menyiapkan dengan baik, mulai dari petugas, tempat, hingga jalur alternatifnya. Ia berharap agar mudik para pemudik bisa lebih baik lagi. 

Program Mudik Gratis Jateng 2023 direncanakan menyediakan 485 kuota dengan moda transportasi bus. Para pemudik gratis akan diberangkatkan dari Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur pada tanggal 17 April 2023.