Gelar Pahlawan Nasional Kiai R Asnawi Kudus Tunggu Keputusan Presiden

KH Raden Asnawi, ulama kharismatik Kudus guru pendiri NU
Sumber :
  • NU Online

Jateng - Pemerintah Kabupaten Kudus terus mengupayakan agar ulama kharismatik Kudus KH Raden Asnawi sebagai pahlawan nasional. Kiai Asnawi semasa hidupnya dikenal merupakan guru hampir semua ulama. Ia juga terlibat dalam pendiri jam'iyyah Nahdlatul Ulama (NU).

Agar Wajib Pajak Tertarik, Pemkab Kudus Bebaskan Denda Telat Bayar PBB

"Tiga pendiri NU yang usianya lebih muda, juga sudah mendapatkan gelar pahlawan. Sedangkan Raden Kiai Asnawi secara keilmuan lebih tua dari pendiri NU yang sudah lebih dahulu mendapat gelar pahlawan," Penjabat Bupati Kudus M Hasan Chabibie dikutip Sabtu, 7 September 2024.

Menurutnya, KH Raden Asnawi berdasarkan temuan mengenai perintisan, perjuangan dan kepahlawanannya menjadi perumus AD ART NU, menjadi penasehat Laskar Hizbullah, sebagai propagandis, nasionalisme di dunia internasional.

Menurut Ulama Asal Rembang Ini, Kiamat Masih Jauh Jika Tiga Hewan Ini Masih Hidup

Selain itu, Kiai Raden Asnawi juga ditunjuk sebagai delegasi Komite Hijaz, melawan kolonial dengan fatwa, serta merintis kemerdekaan dengan menulis syair kemerdekaan.

"Dalam aktivitasnya, tidak jarang keluar masuk penjara saat itu kemudian berhadapan dengan penjajah. Itulah perjuangan beliau," ujarnya.

Kerja untuk Kemanusiaan, PWNU DIY Apresiasi Sopir Ambulans

Ia berharap pengajuan gelar pahlawan yang saat ini masih diproses di Kementerian Sosial bisa berjalan lancar dan menghasilkan terbaik. "Karena di antara sesepuh NU hanya Kiai R Asnawi yang belum mendapatkan gelar pahlawan," ungkapnya

Adapun persyaratan untuk mengusulkan Kiai R Asnawi sebagai pahlawan, di antaranya memiliki integritas dan berjasa terhadap negara serta merupakan warga Negara Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title