Tunjangan Bulanan untuk Ketua RT/RW, Bupati Kebumen Pertimbangkan Kembali

kegiatan berbagi di kebumen
kegiatan berbagi di kebumen
Sumber :
  • https://kebumen24.com/bupati-kebumen-kaji-kemungkinan-ketua-rt-rw-dapat-tunjangan/

JatengBupati Kebumen Arif Sugiyanto akan meninjau kembali kemungkinan memberikan tunjangan bulanan kepada Ketua RT dan RW. Menurutnya, jabatan Ketua RT/RW memegang peran penting dalam sistem pemerintahan desa dan memiliki tanggung jawab dalam membantu pemerintah desa untuk memperhatikan kebutuhan warga.

"Kami masih mempertimbangkan apakah memberikan tunjangan bulanan kepada Ketua RT/RW memungkinkan, mengingat mereka memiliki tugas untuk membantu pemerintah desa dalam mengurus kepentingan warga," ujar Bupati setelah melaksanakan shalat tarawih bersama warga di Masjid Baitul Muttaqien, Kemitir, Kelurahan Bumirejo, Kebumen pada Kamis, 23 Maret 2023.

Bupati mengungkapkan bahwa pengurus RT/RW sering kali menjadi kepanjangan tangan pemerintah dalam melakukan pendataan warga yang diperlukan. Mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kondisi warga di wilayahnya sehingga pemerintah dapat memperoleh laporan data yang akurat.

Menurut Bupati, ketika pemerintah memberikan bantuan kepada warga, tidak mungkin Bupati, Camat, atau Kepala Desa mengunjungi setiap rumah warga. Oleh karena itu, Ketua RT/RW yang mengetahui kondisi warga di wilayahnya menjadi sangat penting dalam membantu pemerintah untuk menjalankan program-programnya.

Bupati mendukung ide untuk memberikan tunjangan kepada Ketua RT/RW, tetapi ia juga menyatakan bahwa hal tersebut harus disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Menurutnya, semua program pemerintah telah memiliki alokasi anggaran yang telah ditentukan.

Bupati juga menjelaskan bahwa pemerintah telah memberikan dana insentif kepada para guru ngaji TPQ yang telah ditransfer langsung ke rekening mereka melalui Bank Jateng. Bagi mereka yang belum menerima insentif tersebut, dapat mengajukan permohonan kepada Kabag Kesra untuk kemudian ditransfer ke rekening penerima.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mempresentasikan sejumlah program kerja yang telah berhasil dicapai selama dua tahun masa kepemimpinannya. Di antaranya adalah pembangunan Shrimp Estate, RMU Kutowinangun, Kebumen International Expo, penataan jalur satu arah, serta pembangunan jalan dan jembatan.