Pemprov Jateng Buka Pendaftaran Mudik Gratis Kereta Api, Kursi Terisi Penuh dalam Waktu Singkat

Suasana Stasiun Tawang Semarang menjadi tujuan Mudik Gratis
Suasana Stasiun Tawang Semarang menjadi tujuan Mudik Gratis
Sumber :
  • tvonenews.com

Jateng –Setelah memberikan layanan gratis mudik dengan bus, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kini menawarkan layanan mudik gratis dengan kereta api untuk tahun 2023.

Ada 1.888 kursi yang disediakan, namun dalam waktu 30 menit saja, semua kursi tersebut sudah dipesan oleh calon penumpang yang ingin pulang ke Jawa Tengah.

Sebelumnya, Pemprov Jateng telah membuka pendaftaran untuk mudik gratis menggunakan bus dengan 2.700 kursi yang tersedia. Namun, dalam waktu 5 jam, semua kursi tersebut telah terisi.

Menurut Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, tingginya permintaan tersebut menandakan bahwa masyarakat sangat antusias dengan program mudik gratis.. "Ternyata animo masyarakat sangat tinggi. Dalam waktu beberapa menit saja, semua kursi telah dipesan," ujarnya di kantor pada hari Senin, 27 Maret 2023.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah membuka program mudik gratis bertahap untuk 11.608 pemudik Jawa Tengah pada tahun ini. Sebelumnya, Sebelumnya, terdapat pengumuman dari Gubernur mengenai pendaftaran program Mudik Gratis Jateng 2023 yang menawarkan kuota sebesar 2.700 orang dan 50 bus tersedia. 

Program Mudik Gratis Kereta Jateng 2023 menyediakan 1.888 kursi, terdiri dari KA Menoreh Jakarta-Stasiun Semarang Tawang dengan kapasitas 640 penumpang, KA Jaka Tingkir Jakarta-Solo dengan kapasitas 608 penumpang, dan KA Kutojaya Utara Jakarta-Kutoarjo dengan kapasitas 640 penumpang. Pelaksanaan program mudik gratis dimulai pada hari Selasa, 18 April 2023 di Stasiun Pasar Senen.

Menurut Gubernur Ganjar Pranowo, moda kereta api dipilih karena kenyamanannya dan kecenderungan untuk tepat waktu, kecuali ada gangguan.