Surplus dan Mulai Ekspor, Mentan Amran Sebut Indonesia Swasembada Telur dan Unggas

menteri pertanian amran sulaiman
Sumber :

Jateng – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia telah mencapai swasembada hingga mampu mengekspor unggas dan telur ke negara lain. Capaian ini merupakan angin segar bagi ketahanan pangan nasional.
 
"Dalam hal unggas dan telur, dengan senang hati saya sampaikan bahwa Indonesia telah mencapai swasembada dan mulai mengekspor surplusnya," ujar Andi Amran Sulaiman, saat bertemu pimpinan perusahaan asal Vietnam, TH Group, di Hanoi, Vietnam pada Kamis, 25 Juli 2024.

Meski demikian, ia menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia masih harus mengejar swasembada beras di tengah ancaman perubahan iklim seperti kekeringan dan banjir. Pembangunan lumbung pangan pun tengah digencarkan.
 
"Indonesia bercita-cita menjadi pemasok pangan global pada tahun 2033. Untuk mencapai tujuan tersebut, peningkatan produksi pangan sangat penting," ujarnya.
 
Oleh sebab itu, Amran mendorong perluasan areal tanam melalui optimalisasi lahan rawa untuk penanaman padi sekali dalam setahun, dan sistem tanam terpadu pada lahan sawah dataran rendah (padi gogo) di areal perkebunan.
 
Indeks tanam pun turut ditingkatkan dengan optimalisasi lahan rawa untuk penanaman padi 2-3 kali dalam setahun dan pompanisasi yakni memanfaatkan pompa air untuk mengairi lahan.

Kementan dan Pupuk Indonesia Bakal Terus Kawal Serapan Pupuk Bersubsidi