Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Dikirab dari Jakarta ke IKN

kirab duplikat bendera Sang Merah Putih dan teks naskah proklamasi
Sumber :

Jateng – Duplikat Bendera Sang Saka Merah Putih dan teks proklamasi akan dikirim menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur melalui prosesi kirab pada Sabtu (10/8/2024).

Prosesi ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Demikian hal itu disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengungkapkan, prosesi kirab dimulai pukul 08.00 WIB dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan diangkut menggunakan kendaraan taktis (rantis) ”Maung”, dengan iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, serta marching band.

”Prosesi kirab ini akan membawa bendera Merah Putih dan teks proklamasi dari Monas menuju IKN melalui rute Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma. Selanjutnya, bendera dan teks proklamasi akan diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU,” ujar Yusuf.

Penerbangan akan mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, di mana bendera dan teks proklamasi akan dibawa menuju Istana Negara di IKN.

Tim Purna Paskibraka 2023 akan melaksanakan tugas ini dengan membawa bendera Merah Putih, yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten, sedangkan teks proklamasi akan dibawa oleh Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

Sebelumnya, pada prosesi serah terima, duplikat bendera dan teks proklamasi akan diserahkan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Tim Purna Paskibraka 2023 di Ruang Kemerdekaan Monas.

Yusuf menambahkan bahwa tahun ini prosesi kirab menjadi lebih panjang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, di mana bendera dan teks proklamasi langsung dibawa dari Monas ke Istana Merdeka. Kirab ini menandai sejarah baru karena untuk pertama kalinya bendera Merah Putih dan teks proklamasi dikirab ke IKN.

”Kirab ini bukan hanya simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa, tetapi juga mencerminkan tekad kita untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Yusuf.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menambahkan bahwa prosesi kirab ini juga merupakan simbol kebersamaan dan sinergi antara DKI Jakarta dan Ibu Kota Nusantara.

Bendera Merah Putih dan teks proklamasi dijadwalkan tiba di IKN pada hari yang sama, 10 Agustus 2024, dan akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024.

Komunitas Melayu-Banjar Berikan Dukungan Pembangunan IKN