UGM Usul Dataran Tinggi Dieng Jadi Taman Bumi Nasional

UGM usulkan Dataran Tinggi Dieng menjadi Taman Bumi Nasional
Sumber :
  • UGM

Jateng – Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama PT Geo Dipa Energi (GDE), dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengusulkan Kawasan Dataran Tinggi Dieng di Jateng menjadi Geopark atau Taman Bumi Nasional.

Dinilai Rendahkan Profesi Jurnalis dan MC, Ganjar Dirujak Netizen

Pengusulan tersebut diawali kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang diikuti oleh unsur Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pelaku industri pariwisata, pelaku industri panas bumi, akademisi dan tokoh masyarakat pada 3 September 2024 lalu di GDE Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

"Saya kira pentingnya ilmu geologi untuk mentransformasikan legenda-legenda tentang panas bumi di Dieng menjadi penjelasan ilmiah," kata Dosen Teknik Geologi, Fakultas Teknik UGM Pri Utami dalam keterangannya, di Yogyakarta, Senin, 9 September 2024

Beda Dengan Megawati, Visi Ganjar Pranowo: Memperkuat KPK untuk Memerangi Korupsi

Pri mengatakan di Dieng pengunjung dapat mempelajari proses bumi yang sedang berlangsung dengan sangat nyata, yaitu proses hidrotermal. Selain menghasilkan pemandangan yang unik, proses hidrotermal juga membentuk sumber energi terbarukan.

Menurutnya, sebelum ilmu dan teknologi panas bumi berkembang, nenek moyang di Dieng telah mengemas nilai-nilai pelestarian lingkungan di wilayah itu.

Wasit PON Aceh Kena Bogem Pemain Sulteng Bikin Erick Thohir 'Mendidih'

Mahasiswa Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM telah melakukan kunjungan lapangan ke Wilayah Kerja Panas Bumi Dieng pada Sabtu, 7 September 2024, untuk mempelajari kondisi geologi di lokasi yang menjadi satu-satunya lapangan panas bumi yang telah beroperasi di Jateng.

"Mahasiswa juga melihat peluang efisiensi pemanfaatan energi panas bumi, dan perlunya pembenahan tata guna lahan di area panas bumi yang juga telah menjadi tujuan wisata dan perkebunan tanaman pangan," kata pakar panas bumi UGM ini.

Halaman Selanjutnya
img_title