Sempat Diwarnai Kericuhan, Sultan Najamudin Resmi Terpilih Jadi Ketua DPD RI Periode 2024-2029

Sultan B Najamudin terpilih menjadi Ketua DPD RI
Sumber :
  • Ist

JatengAnggota DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin terpilih menjadi Ketua DPD RI periode 2024-2029 berdasarkan pemungutan suara dalam Sidang Paripurna Pemilihan Pimpinan DPD RI di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu dini hari, 2 Oktober 2024.

Nilai Tukar Petani Jateng Capai 113,79

Senator asal Bengkulu itu terpilih setelah meraup 95 suara, mengungguli mantan Ketua DPD RI periode sebelumnya yakni La Nyalla Mattalitti yang meraup 56 suara.

"Sultan Najamudin ditetapkan sebagai calon Pimpinan DPD RI terpilih," kata Wakil Ketua sementara DPD RI Larasati Moriska.

Wamentan Sudaryono: Hari Kesaktian Pancasila Momentum Kita Layani Petani Sepenuh Hati

Sultan Najamudin terpilih bersama paket pimpinan DPD RI dengan tiga Wakil Ketua DPD RI yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung. 

Pemungutan suara itu diikuti sebanyak 151 Anggota DPD RI yang hadir berdasarkan kartu peserta pemungutan suara. Namun berdasarkan penghitungan, hanya sebanyak 150 suara yang ada dalam kotak suara yang telah tercoblos.

Kenaikan Harga Beras dan BBM Sumbang Inflasi di Jawa Tengah

Dengan hasil ini, maka pimpinan DPD RI periode 2024-2029 adalah Ketua Sultan B Najamudin, Wakil Ketua GKR Hemas, Wakil Ketua Yorrys Raweyai, dan Wakil Ketua Tamsil Limrung.

Diketahui, mekanisme Pemilihan Pimpinan DPD RI itu menggunakan sistem paket berdasarkan Tata Tertib DPD RI. Ada dua paket pimpinan DPD RI yang bertarung dalam pemilihan pimpinan DPD RI periode 2024-2029.

Halaman Selanjutnya
img_title