Diduga 19 Juta Data Milik BPJS Ketenagakerjaan Bocor, Bjorka Berulah Lagi?

Ilustrasi Hacker Bjorka
Ilustrasi Hacker Bjorka
Sumber :
  • Pixabay

VIVAJateng, Nasional - Bjorka, seorang hacker yang pernah viral pada tahun lalu kali ini kembali beraksi. 19 juta data yang diduga milik BPJS Ketenagakerjaan dijual olehnya di forum Breached, Minggu, 12 Maret 2023.

Breached sendiri merupakan forum tempat para pelaku menjual data yang mereka bobol. Dilansir dari VIVA Tekno, jumlah data yang dikompres sebanyak 5GB dengan total data 19.564.922 yang terdiri dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, email, nomor ponsel, alamat, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pekerjaan, tempat bekerja dan lainnya.

Selain itu Bjorka juga memberikan 100 ribu secara gratis sebagai sampel data. Berdasarkan penelusuran VIVA Tekno, untuk beberapa data yang dicek secara acak, nomor ponsel yang dicantumkan di sana cocok dengan nama yang tertera.

Namun, untuk keabsahan data tersebut, hanya bisa dibuktikan oleh BPJS Ketenagakerjaan sendiri untuk menjawab apakah mereka mengalami kebocoran data atau tidak. Harga yabg ditawarkan Bjorka yaitu sebesar US$10.000 atau setara Rp154 juta.

Di forum tersebut, ia menulis jika dirinya hanya menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoin.

"IF YOU WANT TO BUY MY DATABASES, JUST PM ME ON BF OR CONTACT ME ON TELEGRAM WITH THE FOLLOWING FORMAT: "I WANT TO BUY DATA [DATA NAME]". OTHER THAN USING THAT FORMAT I WILL IGNORE BECAUSE I RECEIVE A LOT OF SPAM ON TELEGRAM. BECAUSE THE PREVIOUS CHANNEL HAS BEEN CLOSED AGAIN BY TELEGRAM AND THIS HAS HAPPENED 5 TIMES, PLEASE JOIN MY NEWEST TELEGRAM CHANNEL BY VISITING MY WEBSITE https://bjork.ai," tulisnya.

Dari tulisan tersebut, Bjorka mengumumkan jika ada yang ingin membeli data yang dia jual untuk menghubunginya melalui pesan pribadi di forum atau Telegram dengan format "I WANT TO BUY DATA [DATA NAME]".