70 Stand UMKM Santri Meriahkan Hari Santri Nasional 2024 Jateng di Blora, Ada Makanan hingga Songkok

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 di Provinsi Jawa Tengah
Sumber :
  • (jatengprov.go.id)

Jateng – Rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 Tingkat Provinsi Jawa Tengah berlangsung khidmat dan meriah.

Kegiatan yang berpusat di Kabupaten Blora 21-22 Oktober 2024 itu dipadati berbagai acara. Mulai sarasehan santri dan pelajar, Jateng Bersolawat, apel Hari Santri Nasional, dan yang tak kalah menyita perhatian adalah pameran produk unggulan santri pondok pesantren. Sebanyak 70 unit stand berjajar di Lapangan Kridosono, mayoritas produk dari pondok pesantren.

Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Musta’in Ahmad mengatakan, produk santri yang ditampilkan itu merupakan hasil usaha bisnis dari program inkubasi. Terdiri dari zona program bantuan inkubasi pesantren oleh Kemenag Kanwil Jateng, seperti koperasi, jahit, peternakan, home industry, laundry, percetakan, air minum dalam kemasan, serta makanan.

Zona kuliner dengan produk makanan minuman khas Blora (lontong sate, soto blora, lontong tahu, kopi santen, dan lain-lain), zona makanan minuman kemasan, fesyen, craft, dan sebagainya.

"Pemerintah provinsi, kementerian dengan lembaga-lembaga yang lain, bersama-sama terus memberdayakan pesantren. Salah satunya lewat program inkubasi pesantren, untuk mendorong kemandirian pesantren," ujar Musta’in Ahmad seperti dikutip dari situs jatengprov.go.id, Selasa (22/10/2024).

Pameran UMKM HSN 2024 menampilkan produk-produk santri. Itulah hasil pendampingan kemandirian pesantren. "Ini bentuk komitmen dalam memberdayakan pesantren," tutur Musta’in Ahmad.

Produk unggulan pesantren ternyata mampu memikat hati Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. Terbukti, saat meninjau pameran, Nana terlihat menjajal sejumlah produk untuk kemudian dibeli. Salah satunya, songkok nasional karya santri Pondok Pesantren Bumi Damai Al Mustawa Randublatung, Blora.