Antisipiasi Kebutuhan Bisnis, PT INKA Kembangkan Program SMK Series ke Ponorogo

SMK 1 Jenangan Ponorogo praktik pengelasan di PT INKA
Sumber :
  • Ist

Jateng –Mengantisipasi kebutuhan bisnis, termasuk rencana operasi pabrik baru  di Kabupaten Banyuwangi, PT INKA mengembangkan program  Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) SMK Series ke SMKN 1 Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Rabu, 23 Oktober 2024. 

“Selain yang ada di Kota dan Kabupaten Madiun, program SMK Series kali menyasar SMK di Ponorogo. Kegiatan  berupa seminar pengelasan  atau welding dan kelistrikan dengan narasumber kompeten dari INKA Group,” kata General Manager Keuangan, Akuntansi dan TJSL PT INKA (Persero), Edwyn Dwi Cahyo. 

Dijelaskan, rencana pengoperasian pabrik baru di Banyuwangi, PT INKA  membutuhkan tenaga kerja terampil. Kebutuhan ini diharapkan bisa dipenuhi dari SMK binaan yang sejak tiga tahun terakhir sudah dikenalkan program pelatihan dan magang. 

“Selain diharapkan bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja di INKA, program pelatihan dan magang pada bidang pengelasan dan kelistrikan juga bisa membantu siswa SMK binaan PT INKA lebih siap memasuki dunia kerja,” kata alumnus FE Universitas Airlangga ditemui di sela kegiatan pelatihan di SMKN  1 Jenangan, Kabupaten Ponorogo. 

Seperti diketahui, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT INKA bukan hanya memenuhi kebutuhan gerbong dan lokomotif dari PT KAI, tetapi juga merambah pasar ekspor Bangladesh, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Australia. 

Tahun ini, PT INKA juga sedang menuntaskan pesanan gerbong barang pesanan dari perusahaan kereta api di Australia. Kepercayaan pasar yang kuat itu membuat pabrik PT INKA di Madiun nyaris selalu bekerja sesuai kapasitas produksi. 

Karena itu, PT INKA membangun pabrik baru di Banyuwangi yang diharapkan bisa meningkatkan produksi mulai tahun 2025.