98 Persen Penduduk Jepara Mampu Di-cover JKN, Pj Bupati Girang

kabupaten jepara
Sumber :

Jateng – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diklaim sudah menjangkau hampir semua warga di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Pemerintah setempat mengeklaim dari 1.264.598 jiwa penduduk Jepara, sebanyak 1.244.533 orang sudah menjadi peserta JKN.

Penjabat Bupati Jepara, Edy Supriyanta, mengatakan capaian tersebut sudah memenuhi target 98 persen yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2024.

“Ini merupakan yang pertama sepanjang berdirinya Kabupaten Jepara, capaian kepesertaan JKN kita sudah di angka 98,4 perseb per Agustus 2024,” kata Edy, Jepara, Jateng, 10 Agustus 2024.

Karena capaian ini, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy, mengganjar Jepara dengan predikat Universal Health Coverage (UHC) pada UHC Awards 2024, pada Kamis, 8 Agustus 2024 di Jakarta.

Penghargaan ini, kata Edy, menjadikan Jepara main terpacu menuntaskan 2 persen masyarakat yang belum ter-cover JKN.

“Mudah-mudahan seluruh masyarakat bisa segera ter-cover, agar mendapatkan layanan kesehatan yang terjamin,” tegasnya.

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengatakan capaian UHC di Jepara menjadi bukti negara berkomitmen memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh warga.

“Dengan adanya capaian UHC, penghargaan ini semakin mengukuhkan posisi Indonesia di kancah global sebagai negara yang serius dalam perlindungan jaminan kesehatan," terangnya.

Pemuda Ditemukan Tewas Bersimbah Darah depan SPBU Kelud Semarang, Diduga Dibacok Gangster