Demokrat Resmi Usung Yoyok-Joko di Pilwakot Semarang 2024

Yoyok Sukawi dan Kaesang Pangarep
Sumber :
  • Instagram Yoyok Sukawi

JatengPartai Demokrat resmi mengusung Bos PSIS, Alamsyah Satyanegara Sukawijaya atau Yoyok Sukawi, sebagai Calon Wali Kota Semarang 2024.

Partai berlambang bintang mercy itu memasangkan Yoyok dengan Joko Santoso, sebagai Calon Wakil Wali Kota Semarang.

Joko Santoso merupakan Ketua Partai Gerindra Kota Semarang.

Ketua Partai Demokrat Kota Semarang, Wahyu Liluk Winarto, mengungkap segera melakukan konsolidasi dengan partai koalisi untuk memenangkan Pemilihan Wali Kota Semarang 2024.

“Langkah kami merapatkan barisan Partai Demokrat dan menggerakkan seluruh elemen yang demokrat punya dan bekerja sama menyolidkan partai koalisasi untuk memenangkan pasangan Yoyok-Joko Santoso," kata Liluk, Semarang, Jateng, Senin, 26 Agustus 2024.

Liluk menegaskan sudah mengkomunikasikan soal Joko Santoso ditunjuk sebagai pendamping Yoyok kepada semua anggota partai koalisi.

"Kita Sudah berkomunikasi dengan koalisi yang ada. Insya Allah ini merupakan pasangan yang terbaik untuk Kota Semarang mendatang," tegasnya.

Yoyok Sukawi maju sebagai Calon Wali Kota Semarang dengan membentuk Koalisi Semarang Maju yang berisi Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai NasDem.

Belakangan, NasDem mengalihkan dukungan kepada Bupati Kendal, Dico Ganinduto, yang memutuskan maju sebagai Calon Wali Kota Semarang dari Partai Golkar dan PSI.

Beberapa hari setelah NasDem memutuskan mendukung Dico, Partai Gerindra merapat ke Yoyok Sukawi.

Dengan mengantongi dukungan dari banyak partai, Liluk mengaku ingin Koalisi Indonesia Maju plus bisa terwujud di Semarang.

“Kita sedang menunggu partai lain untuk bergabung lagi, semoga KIM plus ini bisa terjadi di Kota semarang," terangnya.

Dico Tinggalkan Koalisi Pamit ke Jakarta, Mbelot Daftar Pilbup lewat PKB