Dinkes Sebut Suspek Cacar Monyet di Brebes Masih Dugaan: Belum Positif Mpox

Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox
Sumber :
  • Daily Beast

JatengDinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah mengkonfirmasi belum ditemukan kasus positif cacar monyet atau monkey pox (MPox). Lalu, bagaimana dengan kasus suspek di Brebes?

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani Simulasikan Program Makan Bergizi Gratis di Batang

Kepala Dinkes Jateng Yunita Dyah Suminar mengatakan, hingga kini kasus di Brebes terkait suspek baru menjadi dugaan.

"Sedang di-follow up, sampai hari ini masih dugaan tapi dari tanda dan gejalanya belum positif MPOX," kata Yunita dikutip Kamis, 5 September 2024

319.255 Pelamar Lolos Seleksi Administrasi CPNS Kemenag 2024, Cek Informasinya Disini

Dia meminta masyarakat untuk tenang, namun tidak melepaskan kewaspadaan. Warga Jateng diharap tetap menerapkan pola hidup bersih, sehat, dan menjaga kondisi tubuh. "Tahun 2024 belum ada kasus sampai hari ini di Jateng," imbuhnya.

Kepala Dinkes Jateng Yunita Dyah Suminar

Photo :
  • Dok Pemprov Jateng

Kepala Dinkes Jateng Yunita Dyah Suminar

Photo :
  • Dok Pemprov Jateng

Kepala Dinkes Jateng Yunita Dyah Suminar

Photo :
  • Dok Pemprov Jateng
Diketahui, seorang warga Brebes, Jawa Tengah, saat ini dirawat di ruang isolasi RSUD Brebes karena terindikasi terjangkit virus monkeypox (Mpox) atau cacar monyet.  
Gempa Magnitudo 5.0 Guncang Kabupaten Bandung, Kantor Polisi-KUA hingga Rumah Warga Rusak

Direktur RSUD Brebes, dr. Rasipin, mengatakan bahwa pasien tersebut saat ini sedang dirawat dan berada dalam pengawasan tim medis di ruang isolasi. Meski belum ada kepastian apakah pasien benar-benar terinfeksi virus Mpox, RSUD Brebes mengambil langkah pencegahan untuk menghindari penyebaran virus. 

"Saat ini, kami masih merawat pasien yang mengeluh mual-mual. Kami berusaha memastikan bahwa penyebaran virus bisa dicegah," kata dr. Rasipin dalam konferensi pers pada Senin. 

Halaman Selanjutnya
img_title