Pemain Keturunan di Ujung Tanduk: Pilih KNVB atau Timnas Indonesia?

Shin Tae Yong bersama Pemain Keturunan Jay Idzes
Sumber :
  • Instagram @shintaeyong7777

Olahraga, VIVAJateng – Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) tengah berupaya keras untuk memperkuat Timnas Indonesia melalui proyek naturalisasi.

Jelang Kualifikasi Piala Dunia: Shin Tae Yong Bertemu Jay Idzes di Italia, Sudah Pasti di Panggil?

Pelatih Shin Tae-yong terbang ke Belanda untuk melakukan pemantauan langsung terhadap talenta-talenta keturunan Indonesia. 

Namun, tantangan muncul ketika lima pemain berdarah Indonesia terpilih menjadi bagian dari skuad U-21 Belanda yang dilatih oleh Michael Reiziger.

Timnas Indonesia Ditinggal Pilar Penting Jelang Lawan Vietnam: Shayne Pattynama Cedera!

KNVB baru-baru ini mengumumkan daftar 31 pemain yang akan bersaing di Kualifikasi EURO U-21 dan laga uji coba. 

Dalam agenda bulan ini, Belanda U-21 akan bertanding melawan Norwegia U-21 dalam laga persahabatan pada 22 Maret 2024, diikuti oleh pertandingan melawan Moldova U-21 dalam rangka Kualifikasi EURO U-21. 

Naturalisasi vs Nasionalisme: Kasus Lima Pemain Keturunan di Belanda U-21

Kelima pemain keturunan Indonesia yang mendapat panggilan dari Reiziger adalah Ryan Flamengo dari FC Utrecht, Milion Manhoef yang berkembang di Stoke City, Ian Maatsen yang saat ini bermain untuk Borussia Dortmund sebagai pemain pinjaman dari Chelsea, Dani van den Heuvel dari Leeds United, dan Neraysho Kasanwirjo dari SK Rapid Wina. 

Meskipun mereka telah tergabung dalam skuad U-21 Belanda, PSSI masih memiliki peluang untuk menaturalisasi mereka sebagai pemain Timnas Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title