Atlet Cilik Asal Magelang Ini Borong Semua Medali Emas Kejuaraan Sepatu Roda

Ican, bocah 6 Tahun sabet seluruh medali emas
Sumber :

JatengAtlet sepatu roda asal Kabupaten Magelang, Ghaisan Syair Abqary berhasil merebut semua emas pada nomor lomba yang diikutinya pada Kejuaraan Tingkat Nasional Sepatu Roda Piala Bupati Gunung Kidul 28-29 Juni 2024 lalu.

Ican, begitu ia akrab disapa turun di kelas paling bergengsi yaitu kelas speed.  Atlet putera asli Kaliangkrik, Kabupaten Magelang tampil dominan di kelompok usianya.

Pada hari pertama Ican yang berusia 6 tahun berhasil melewati lawan-lawannya dan finish terdepan pada nomor Sprint 1.000 meter setelah sempat tertinggal pada awal start.

Hari kedua, tampil di nomor Sprint 500 meter, Ican yang saat ini masih bersekolah di taman kanak-kanak TK BA Aisyiyah Bumirejo Kaliangkrik Kabupaten Magelang semakin mantap merebut emas keduanya.

Belum cukup dengan dua emas yang diraih, putra dari Anas dan Hayu asal Kaliangkrik ini berhasil dengan meyakinkan merebut emas ketiganya di nomor Team Rellay 3.000 meter.

Total raihan dua emas di nomor individu dan satu emas di nomor beregu menjadikan Ican terpilih sebagai Most Valuable Players (MVP) untuk kelompok umur A Putra (6-7 tahun).

Orang tua Ican mengaku sangat senang dan bangga dengan raihan putranya di kejuaraan tersebut. Keberhasilan Ican tidak terlepas dari kerja kerasnya berlatih secara rutin.

"Serta peran klub Star Indonesia dan peran besar Coach Iano serta dukungan teman-teman satu tim,” ujar Anas, ayah Ican, Selasa (2/7/2024).

Ketua Persatuan Sepatu Roda (Perserosi) Kabupaten Magelang, Rani Purwanti memberikan apresiasi terhadap prestasi salah satu atletnya.

"Sangat senang dan bangga, salah satu atlet kami dapat menyabet semua emas pada nomor lomba yang diikuti bahkan menjadi salah satu MVP di kejuaraan ini, semoga dapat menjadi penyemangat bagi atlet sepatu roda lainnya,” katanya.

"Mudah-mudahan Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparpora), KONI dan Porserosi Kabupaten Magelang terus meningkatkan perhatiannya pada olahraga sepatu roda,” ungkap Rani.

Ia berharap event ini bisa menjadi batu loncatan untuk kejuaraan berikutnya yang lebih bergengsi dan lebih ketat persaingannya.

Kejuaraan tersebut dibuka Bupati Kabupaten Gunung Kidul Sunaryanta. Bertempat di Lintasan Sepatu Roda Siyono, Wonosari kejuaraan ini diikuti oleh lebih dari 300 peserta berbagai kota dan provinsi. Kompetisi digelar dengan berbagai kategori dan kelompok usia, mulai dari kategori pemula, standar, hingga kategori speed.

Kejuaraan ini berlangsung meriah dan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan olahraga yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Gunung Kidul dengan dukungan berbagai pihak dan sponsor yang berjudul besar Gunungkidul Sportfest 2024.

Selain kejuaraan sepatu roda, event ini juga menyelenggarakan kejuaraan push bike dan mini GP race pada waktu berbeda.

Bambang Pacul Tegaskan Tidak Akan Maju Pilgub Jateng 2024