Rumah Hantu di Semarang Buka Malam 1 Suro, Bisa Bonus Lihat Hantu Beneran

ilustrasi rumah hantu
Sumber :

Jateng – Sejumlah orang yang tergabung dalam Komunitas Semarang Angker bakal menghadirkan hiburan rumah hantu di kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah  pada 7 Juli 2024 yang bertepatan dengan malam 1 Suro.

Inisiasi pembukaan rumah hantu bertema ‘Omah Wetan Gedung Marba’ dibuka juga untuk mengisi waktu liburan sekolah.  

Menurut Ketua Komunitas Semarang Angker, Pamuji Juono, pihaknya memilih lokasi ini lantaran rumah tersebut juga terkenal memiliki rasa horor tersendiri dan sudah tidak dihuni dalam jangka waktu yang sangat lama.

"Tempatnya ini kita pakai rumah angker yang dulunya rumah orang, namun sudah kosong 15 tahun lebih," ujar Pamuji Juono di lokasi Rumah Hantu Omah Wetan Gedung Marba di Kota Lama Semarang, Selasa (2/7/2024) malam.

Pamuji dan rekannya yang hobi menjelajah tempat-tempat angker tersebut meyakini bahwa di rumah itu masih terdapat sosok mahluk astral yang selama ini menjadi penghuninya.

Bambang Pacul Tegaskan Tidak Akan Maju Pilgub Jateng 2024


"Di dalamnya juga ada hantu-hantu Nusantara, ada sosok perempuan, anak kecil, genderuwo, wewe gombel, sundel bolong,” terangnya.

Untuk menambah kesan mistis dan horor, pihaknya kata Pamuji juga menghadirkan koleksi musium milik mereka di dalam Rumah Hantu Omah Wetan Gedung Marba. Di antaranya adalah tali bekas gantung diri, kain kafan bekas, batang pohon hingga batu yang berisi genderuwo.

"Selain properti koleksi, nanti juga akan ada orang yang menakut-nakuti [berdandan seperti hantu]. Tapi jangan salah, kalau ada yang nongol beneran, itu bonus ya, karena rumah kosong ini juga angker, ada penunggunya,” tegasnya.

Sementara itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kesurupan dan sebagainya, setiap pengunjung akan didampingi seorang pemandu. Pemandu ini pula nanti yang akan memberikan air doa kepada pengunjung.

"Wajar saja kalau nanti ada yang kerasukan. Makanya kita siapkan tour guide, soalnya benar-benar rawan. Dan air doa itu nanti untuk menetralisir kerasukan,” jelasnya.

Terungkap! Ini Asal Mula Tradisi Ritual Seks di Gunung Kemukus

komunitas semarang angker

Photo :
  • -

Pada kesempatan itu, Pamuji menjelaskan bahwa tujuan dibuatnya kegiatan ini selain untuk hiburan juga untuk mengedukasi masyarakat untuk menghadapi rasa takut terhadap sesuatu yang dianggap horor.

"Semua orang punya rasa takut, tapi di sini kita akan ajarkan me-manage rasa takut. Maka silakan datang, rencana kita buka Rumah Hantu ini mulai 1 Suro, kita buat sedemikian rupa lantai satunya yang berukuran 40 meter x 8 meter untuk menantang rasa takut kalian,” tandas Pamuji.

Rumah Hantu ‘Omah Wetan Gedung Marba’ akan beroperasi setiap hari mulai mulai pukul 18.00 WIB hingga 23.00 WIB. Dan harga tiket untuk setiap orangnya hanya dibanderol Rp 25.000.

Jadi Kandidat Kuat di Pilkada Jateng, Ini Profil Sudaryono 'Samurai Andalan' Prabowo Subianto