Waspada! BMKG Sebut 6 Kabupaten di Jateng Ini Berpotensi Kekeringan

waspada kekeringan di Jateng
Sumber :

Jateng – Setidaknya terdapat enam kabupaten di Jawa Tengah yang berada pada status kategori siaga kekeringan meteorologis di musim kemarau tahun ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini risiko kekeringan yang berpotensi melanda enam kabupaten yakni, Blora, Boyolali, Demak, Grobogan, Pati, dan Rembang. Kemudian, ada tiga kabupaten yang harus waspadai potensi kekeringan yakni Sragen, Sukoharjo, dan Wonogiri.

"Pada dasarian pertama bulan Agustus, ada 9 kabupaten yang harus mewaspadai dan bersiaga dengan terjadinya kekeringan meteorologis karena tidak ada hujan," jelas Kepala Balai Besar BMKG wilayah II Hartanto dalam pernyataan tertulisnya pada Senin (5/8/2024).

Unutuk itu kata Hartanto, tiap pemerintah kabupaten yang wilayahnya masuk dalam kategori siaga dan waspada tersebut dapat segera melakukan tindakan antisipasi.

 "Kami meminta kepada masing-masing pemkab untuk melakukan langkah mitigasi dampak dari kondisi tersebut," katanya.
 
Menurut penelitian Balai Besar BMKG wilayah II lanjutnya, tidak ada kota maupun kabupaten di Jateng yang akan mendapatkan curah hujan tinggi.

 "Sama sekali tidak ada potensi hujan lebat pada dasarian pertama pada bulan Agustus," tandas Hartanto.

Hujan dan Angin Kencang Berpotensi Mengguyur Jateng 8-9 September, Kata BMKG