Rs Kariadi Bisa Cangkok Sumsum Tulang, Segini Biayanya

Pelayanan kesehatan
Sumber :
  • Pixabay

Jateng – Rs Kariadi Semarang memiliki teknologi cangkok sumsum tulang (CST) untuk mengobati pasien dengan kelainan darah. Untuk biayanya mencapai Rp 350 juta.

Jateng Masih Zero MPox, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Ketua Tim CST RS Kariadi Damai Santosa menyampaikan RS Kariadi merupakan salah satu rumah sakit yang menjadi terobosan pertama yang sukses mengobati pasien kelainan darah dengan teknologi CST. Hingga kini RS Kariadi telah mengobati 52 pasien. “Saat ini kita sudah melayani cangkok sumsum tulang 52 pasien,” katanya.

Setidaknya sudah ada 15 pasien melakukan cangkok sumsum tulang pada tahun 2023. Dua dua pasien tahun 2024. Ada ada berbagai penyakit kelainan darah yang bisa diobati menggunakan CST. Seperti multipel mieloma, leukemia, thalasemia, limfoma atau kanker kelenjar getah bening. 

Pengobatan Tuberkulosis Resisten Obat Kini Hanya 6 Bulan

Sampai saat ini RS yang survive melakukan CST adalah RS Kariadi. Sementara rumah sakit lain ada yang mandek atau belum berhasil mengobati pasien. Yang merintis cangkok sumsum tulang itu RSCM, Dharmais, Soetomo, Kariadi, lalu ada Jojga, dan Bandung. 

Pengobatan CST RS Kariadi diklaim relatif lebih murah dibanding rumah sakit lain. Rp 350 juta rata-rata harga di Indonesia, Sementara di dunia bisa Rp 1 miliar hingga Rp 1,5 miliar,”. (*)

Cara Undip Jaga Kampung Batik di Semarang tetap Ramah Lingkungan