Gunung Marapi di Sumbar Erupsi Lagi, Status Waspada!

Gunung Marapi di Sumbar erupsi
Sumber :
  • Dok. BNPB

Sumbar, VIVAJateng - Gunung Marapi di wilayah Sumatera Barat mengalami erupsi lagi pada hari Rabu, 13 Desember 2023, sekitar pukul 05.52 pagi waktu setempat.

Gunung Merapi Erupsi Lagi, Pesan Mbah Maridjan Kembali Viral

Kejadian ini tercatat pada seismogram dengan amplitudo puncak sebesar 30 milimeter dan berlangsung selama kira-kira 54 detik.

Kolom abu yang dihasilkan dari erupsi Gunung Marapi terlihat tebal dan berwarna abu-abu, mengarah ke timur. Ketinggian kolom abu tersebut diperkirakan sekitar 500 meter dari puncak gunung.

Erupsi Gunung Merapi, 7 Kecamatan di Boyolali Terdampak Hujan Abu

Menurut Ahmad Rifandi, seorang petugas di Pos Pengamatan Gunung Marapi, sejak awal Desember telah terjadi 83 letusan dan 350 hembusan dari Gunung Marapi.

Ahmad menyatakan bahwa meskipun terjadi erupsi, Gunung Marapi tetap dalam status Waspada atau level II. Pendakian dilarang, khususnya mendekat hingga radius 3 kilometer dari kawah atau puncak gunung.

Zhafirah, Korban Erupsi Gunung Marapi adalah Atlet Silat dan Baru Pertama Mendaki

Ahmad menekankan bahwa karena tingginya aktivitas vulkanik Gunung Marapi, PVMBG menyarankan kepada para pemangku kepentingan dan warga setempat agar tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir lahar dingin.

"Waspadai sungai-sungai yang diperkirakan akan terlanda lahar dan berhulu dari Gunungapi Marapi. Kita sudah sampaikan pemodelan perkiraan aliran lahar Gunungapi Marapi. Namun, untuk data valid tetap cek ke lapangan," kata Ahmad Rifandi, Rabu, 13 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title