SK Perpanjangan Kepengurusan Megawati Cs Digugat ke PTUN, PDIP Usut Siapa Dalangnya

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Dok PDIP

Jateng – Empat orang kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggugat  Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), atas pengesahan kepengurusan DPP PDI Perjuangan periode 2019-2024 yang diperpanjang hingga tahun 2025. 

Megawati Beri Kuliah Umum di St. Petersburg Rusia, Terima Doktor Kehormatan dari Uzbekistan

Keempat kader PDIP itu adalah Pepen Noor, Ungut, Ahmad, dan Endang Indra Saputra. 

Anggota tim advokasi kader partai, Victor W. Nadapdap memastikan pihaknya akan membawa persoalan tersebut ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Lawan Paslon yang Didukung Gibran, Calon PDIP di Pilkada Kota Solo Dapat Amunisi Baru

"Mengingat, hal tersebut diduga bertentangan dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PDI Perjuangan," kata Victor dalam keterangannya pada Minggu, 8 September 2024.

Berdasarkan Keputusan Kongres PDI Perjuangan pada 9 Agustus 2019, telah ditetapkan Keputusan Nomor 10/KPTS/Kongres-V/PDI-Perjuangan/VIII/2019 tentang AD/ART PDI Perjuangan. 

Andika Perkasa Optimis Menang di Pilkada 2024: Jawa Tengah Kandang Banteng

"Sekaligus mengesahkan program dan menugaskan DPP PDI-P masa bakti 2019-2024," ujarnya.

Karenanya, apabila Kemenkumham mengesahkan SK Nomor M.HH-05.11.02 tahun 2024 yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, hal tersebut bertentangan dengan Pasal 17 terkait struktur dan komposisi DPP PDI Perjuangan. Di mana, hal tersebut mengatur masa bakti DPP adalah selama 5 tahun.

Halaman Selanjutnya
img_title