APPI Usul Liga 1 Dihentikan Sementara! Erick Thohir Setuju

Menteri BUMN Erick Thohir.
Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Tangkapan Layar Video Instagram/@erickthohir

Olahraga, VIVAJateng - Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) mengusulkan Liga 1 2023/24 dihentikan sementara.

Hal itu dikarenakan setelah adanya aksi rasisme dalam laga PSM Makasar melawan Persija Jakarta di Stadion GBK pada 3 Juli 2023 yang berakhir imbang 1-1.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir setuju dengan usulan tersebut.

Persetujuan itu diungkapkan Erick saat diwawancarai usai hadir dalam acara pelatihan VAR di kawasan Thamrin City, Jakarta, Jumat 7 Juli 2023.

Menurutnya harus ada tindakan bertahap yang diambil terkait aksi rasisme tersebut.

"Saya sangat kecewa, dan saya meminta nanti setelah ada jambore suporter (sudah ada di Surabaya) dan di berbagai tempat, suporter nanti mempunyai perspektif yang sama, apa itu rasisme, kedepannya akan mulai kita tindak. Karena sangat sedih ketika kita bangga, sebagai negara Pancasila, NKRI, kulitnya ada yang putih ada yang hitam, rambutnya ada yang keriting ada yang lurus. Sukunya macam-macam lalu terjebak hal yang seperti ini," kata Erick dikutip dari VIVA.

Lebih lanjut Erick menegaskan bahwa rasisme harus dilawan dan ditindak secara tegas agar ada efek jera dan tidak terjadi lagi ke depan.