Atasi Bencana Kekeringan tiap Datang Kemarau, 3 Embung Senilai Rp1,5 Miliar Dibangun di Blora

Embung Rawasari di Tarakan, Kalimantan Utara
Sumber :
  • Kementerian PUPR

Jateng – Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mendapat bantuan pembangunan tiga embung dari Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat.

Perinciannya, dua embung dibangun di dua Kecamatan Jiken dan satu embung dibangun di Kecamatan Blora.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Blora,  Samgautama Karnajaya, mengungkap tiga embung itu dibangun demi mengatasi problem tahunan berupa bencana kekeringan.

“Pembangunan embung tersebut merupakan instruksi langsung dari Bapak Menteri PUPR. Dalam rangka mengatasi permasalahan penanganan bencana kekeringan yang sering terjadi setiap tahun di Blora pada saat musim kemarau,” katanya, Blora, Sabtu, 24 Agustus 2024.

Pembangunan embung dilakukan di Desa Jiken dengan kapasitas tampungan air 4.800 m per kubik, di Desa Ketringan dengan kapasitas tampungan air 3.200 m per kubik, dan di Desa Andongrejo dengan kapasitas tampungan air 4.800 m per kubik.

PPK PAT Satker SNVT ATAB BBWS Pemali Juana Semarang, Yudha Priatna, mengungkap anggaran pembangunan tiga embung di Blora bersumber dari APBN senilai Rp1,5 miliar.

Yudha menambahkan pembangunan embung akan dilaksanakan langsung BBWS Pemali Juana Semarang.

Konstruksi embung yang akan dibangun bertipe urugan tanah yang dilengkapi pintu air dan pagar keliling untuk menjaga keamanan konstruksi embung dan keselamatan warga.

Kekeringan Landa 24 Kabupaten dan Kota se-Jateng, Ratusan Ribu Warga Kesulitan Air Bersih