Tak Ingin Pelaku UMKM Terjerat Pinjol, Pemprov Jatim Luncurkan Kredit Bunga Rendah

ilustrasi perjanjian peminjaman uang secara online.
ilustrasi perjanjian peminjaman uang secara online.
Sumber :
  • Pixabay/Commerce

Jateng ‚Äď Pelaku UMKM sering terkendala masalah permodalan untuk menjalankan usahanya, sehingga kadang memilih jalan pintas untuk segera mendapatkan uang yakni dengan pinjaman online.

Tak ingin pelaku UMKM di wilayahnya terjerat pinjaman online, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa meluncurkan Program Kredit Sejahtera (Prokesra) melalui Bank UMKM Jatim.

Dengan adanya subsidi bunga dari Pemprov Jatim sebesar 9,25 persen, maka bunga pada Prokesra yang seharusnya 12,15 persen hanya menjadi 3 persen saja.

Khofifah pun optimis, UMKM dan koperasi mampu menjadi penyangga utama perekonomiandi  Jawa Timur. Sehingga ia terus mendorong pertumbuhan koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) demi bangkitnya ekonomi inklusif di Jatim.

"KUMKM ini bisa menjadi penyangga perekonomian Jatim di masa pemulihan pasca pandemi. Karena itu Pemprov Jatim berkomitmen untuk mendorong terwujudnya ekonomi inklusif yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui gerakan koperasi dan UMKM," ungkap Gubernur Khofifah saat ditemui di Gedung Negara Grahadi pada Senin 16 Januari 2022. Dikutip dari jatimprov.go.id.

Ia pun berharap dengan adanya Prokersra dapat membantu perputaran modal pelaku usaha mikro, agar mereka tidak lagi meminjam ke rentenir berkedok pinjaman online.

Mantan Menteri Sosial itu juga berkomitmen untuk terus meningkatkan program kredit murah tersebut agar semakin banyak pelaku UMKM yang dapat mengakses.