150 Umat Katolik Solo Bertolak ke Jakarta, Hadiri Misa Akbar Bareng Paus Fransiskus di GBK

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di KWI Jakarta
Sumber :
  • Ali Wafa/VIVA

Jateng – Sebanyak 150  umat Katolik dari Solo berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Misa Akbar yang dipimpin oleh Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada Kamis, 5 September 2024. Rencananya umat Katolik dari Solo itu akan bergabung dengan 86.000 lebih umat Katolik dari seluruh penjuru nusantara di GBK.

Jokowi Nonton Langsung Laga Timnas Vs Australia di GBK Malam Ini, Siap Jadi Pemain ke-12

Pastor Paroki Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan, Solo, Romo Yosef Supriyanto mengatakan seratusan umat Katolik dari Solo itu berangkat ke Jakarta karena mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Misa Akbar bersama Paus Fransiskus di GBK, Jakarta.

Umat Katolik yang berangkat itu merupakan perwakilan dari enam paroki yang ada di Kevikepan Surakarta, meliputi Paroki Purwosari, Paroki Purbayan, Paroki Purbowardayan, Paroki Kleco, Paroki Mojosongo, dan Paroki Dirjodipuran.

Ada Proyek Tol, Jalan Yogya-Solo Diberlakukan Contraflow hingga November 2024

“Untuk perwakilan umat Katolik dari Kevikepan Surakarta sendiri diwakili oleh 4 umat Katolik. Untuk Paroki Purbowardayan sendiri 24 umat Katolik yang berangkat ke Jakarta pada Rabu malam,” kata Supriyanto, Kamis September 2024.

Lantas ketika ditanya mengenai jumlah lengkapnya umat Katolik yang akan mengikuti Misa Akbar di Jakarta, dia mengaku tidak mengetahui dengan pasti jumlah tepatnya. Meski demikian, dari informasi yang diperolehnya bahwa setiap paroki yang ada di Kevikepan Surakarta diwakili 25 umat Katolik.

Ikut Antar ke Bandara, Menag Ungkap 3 Pesan Khusus dari Paus Fransiskus

“Untuk umat paroki lain kurang tahu saya, tapi prinsipnya setiap paroki dijatah peserta 25 orang. Ada 28 paroki di Kevikepan Surakarta, untuk Paroki Bayat, Klaten tidak ikut,” ucapnya. 

Lebih lanjut, Romo Yosef Supriyanto mengatakan umat Katolik dari Kevikepan Surakarta itu berangkat ke Jakarta menggunakan bus. Bus rombongan peserta Misa Akbar Paus Fransiskus itu berangkat dari Solo pada pukul 19.00 WIB.