Syarat Calon Kepala Daerah Dapat Dukungan Relawan Prabu: Rekomendasi Prabowo Subianto

Ketua Umum Relawan Prabowo Budiman Bersatu, Arvindo Noviar.
Sumber :
  • Istimewa

Jateng – Ketua Umum Relawan Prabowo Budiman Bersatu (Prabu), Arvindo Noviar, memastikan organisasi yang dipimpinnya akan terus mengawal dan mendukung setiap kebijakan Presiden terpilih, Prabowo Subianto, termasuk urusan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Arvindo menegaskan Prabu siap memenangkan seluruh calon kepala daerah di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang mendapat rekomendasi dari Partai Gerindra.

"Kami akan terus bergerak seirama dengan rekomendasi dari Partai Gerindra. Siapa pun calonnya. Dengan syarat, calon itu didukung oleh Prabowo Subianto,” ujar Arvindo Noviar, Jakarta, Selasa, 23 Juli 2024.

Meskipun koalisi yang terbangun setiap daerah berbeda, kata Arvindo, Prabu hanya akan mendukung calon kepala daerah yang mendapat rekomendasi dari Prabowo Subianto.

"Artinya, Prabu sejalan dengan calon yang didukung Gerindra, walaupun itu cair tidak seperti koalisi pilpres. Misalnya di Sumbar ada Vasco Rusemy dari Gerindra yang berpasangan dengan PKS, ada Bobby Nasution di Sumut, ada Kang Tebe di Bandung Barat dan sebagainya," terangnya.

Arvindo juga mengungkapkan, dukungan terhadap jagoan Prabowo sekaligus Partai Gerindra di Pilkada Serentak 2024 merupakan arahan dari Dewan Pembina Prabu Budiman Sudjatmiko.

Salah satu upayanya lanjut Arvindo, yakni  melakukan pelembagaan struktural hingga Kabupaten maupun Kota di seluruh Indonesia.

"Kami sekarang fokus ke pelembagaan struktural di provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan seterusnya ke bawah se-indonesia. karena nanti akan memberi surat tugas kepada kawan-kawan di daerah untuk mendukung kepala daerah di provinsi dan kabupaten/kota," ungkapnya.

Sikap mendukung jagoan Partai Gerindra, menurutnya adalah konsekuensi atas totalitas dukungan terhadap presiden terpilih Prabowo Subianto. Pasalnya, Prabowo juga menjabat sebagai Ketum Partai Gerindra. Sehingga, keputusan partai, tentu linier dengan arah perjuangan Prabowo.

"Nanti pasti cair. Artinya, tidak seperti koalisi Pilpres," ujar Arvindo.

Rencananya, arahan atau surat dukungan Prabu terhadap calon kandidat di Pilkada Serentak 2024 segera dipublikasikan. Sarannya, seluruh skuad Prabu bersabar dan terus melakukan pembesaran organisasi di daerah-daerah.

"Kita terus melakukan kerja-kerja taktis di darat," pungkasnya.

Persoalan mahar, katanya, harus dibedakan antara cost politik dan money politic. Diamininya, perjuangan meraih kemenangan di pesta demokrasi tentu membutuhkan cost politik. Misalnya, dalam penyediaan atribut pemenangan seperti kaos dan spanduk.

Relawan Prabu merupakan salah satu elemen penting pada pemenangan Pilpres 2024 pasangan Prabowo-Gibran. Meski baru terbentuk beberapa bulan jelang pilpres, relawan yang dikomandoi Arvindo Noviar ini sudah terbentuk dan solid di seluruh provinsi di Indonesia.

Hasilnya, hampir seluruh kabupaten/kota berhasil dimenangkan oleh Prabowo-Gibran.*

59 Calon Wakil Menteri dan Kepala Badan Menghadap Prabowo di Kertanegara, Ini Daftarnya