Tinjau Lahan Kering di Pati, Wamentan Sudaryono Berikan Solusi Ketersediaan Air Bagi Petani

Wamentan Sudaryono
Sumber :
  • Ist

Jateng – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Sudaryono melakukan kunjungan kerja ke Desa Tambahmulyo, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, pada Jumat, 4 Oktober 2024.

Ajak Petani Menanam di Oktober, Wamentan Sudaryono: Kita Beri Benih Gratis

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau kondisi lahan pertanian yang terdampak kekeringan parah akibat cuaca ekstrim el nino, sekaligus memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi para petani.

Dalam kunjungan tersebut, Wamentan Sudaryono mengunjungi dua lokasi, yakni kawasan persawahan yang sudah memiliki embung dan kawasan tandus yang belum memiliki akses air memadai. 

Kejar Tanam di Bulan Oktober, Wamentan Sudaryono Pastikan Ketersediaan Pupuk Aman

Wamentan Sudaryono atau yang akrab disapa Mas Dar ini menekankan pentingnya ketersediaan air bagi sektor pertanian. 

“Lahan pertanian adalah fondasi utama perekonomian Indonesia, terutama di Jawa Tengah sebagai salah satu lumbung pangan nasional. Tantangan seperti perubahan iklim dan keterbatasan akses air menjadi fokus utama pemerintah saat ini,” ujarnya.

Masuk Musim Hujan, Wamentan Sudaryono: Ayo Petani Kita Segera Menanam!

Wamentan Sudaryono menyampaikan, pemerintah saat ini tengah memprioritaskan program-program untuk menjamin ketersediaan air sepanjang tahun, khususnya di wilayah rawan kekeringan. Salah satu program unggulan tersebut adalah pembangunan embung dan saluran irigasi di desa-desa. 

Wamentan Sudaryono menyampaikan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan memastikan lahan pertanian mendapatkan akses air yang mencukupi.

Halaman Selanjutnya
img_title