Mahathir Mohamad Mantan PM Malaysia Dirawat di RS Akibat Infeksi Pernapasan Sejak 15 Oktober 2024

Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad
Sumber :
  • ((AFP)

Kuala Lumpur– Mahathir Mohamad dirawat di rumah sakit karena infeksi pernapasan. Demikian menurut informasi kantor mantan perdana menteri (PM) Malaysia pada hari Rabu (16/10/2024).

12 Kg Narkoba Jenis Sabu Asal Malaysia Diselundupkan ke Semarang, Modus Barang Kiriman TKI

Melansir dari AFP, informasi terkait kesehatan Mahathir Mohamad itu dilaporkan setelah media memberitakan ketidakhadirannya dalam sidang pengadilan atas kasus pencemaran nama baik yang diajukannya.

Seorang ajudan Mahathir mengatakan kepada Reuters bahwa ia dirawat di rumah sakit pada Selasa (15/10) malam karena batuk akibat infeksi saluran pernapasan bawah, dan akan menjalani cuti sakit hingga 25 Oktober.

Pelatih Malaysia Puji Shin Tae-yong dan Park Hang-seo

Mahathir Mohamad seharusnya hadir di pengadilan pada hari Rabu (16/10) untuk kasus pencemaran nama baik yang diajukannya terhadap Wakil Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi, tetapi media lokal melaporkan bahwa sidang ditunda setelah pengacaranya mengatakan ia dirawat di National Heart Institute (Institut Jantung Nasional).

Mahathir Mohamad diketahui menjabat sebagai perdana menteri Malaysia selama 22 tahun hingga 2003. Ia kembali menjabat sebagai PM Malaysia pada 2018, setelah memimpin koalisi oposisi meraih kemenangan bersejarah.Kendati demikian pemerintahannya runtuh dalam waktu kurang dari dua tahun karena pertikaian internal.

Tak Hanya Hibur Fans Tanah Air, Cold Play juga Sumbang Kapal Pembersih Sampah untuk Sungai Cisadane

Mahathir Mohamad yang kini berusia 99 tahun dan menjabat sebagai PM Malaysia selama lebih dari dua dekade, diketahui memiliki riwayat masalah jantung dan telah menjalani operasi bypass. Ia juga tercatat keluar masuk rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir, dan terakhir terpantau pernah dirawat di rumah sakit pada bulan Juli.