Usut Korupsi di Pemkot Semarang, Giliran Kantor Damkar Digeledah KPK

kantor damkar kota semarang
Sumber :

Jateng – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan kegiatan di terkait kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintahan Kota (pemkot) Semarang, Jawa tengah pada 25 Juli 2024. Kali ini giliran Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (damkar) yang disasar penyidik.

Kantor yang beralamat di Jalan Madukoro, Semarang Barat, tersebut sudah didatangi penyidik KPK sejak pukul 09.00 WIB.

Menurut informasi yang diterima Viva Jateng, sejumlah dokumen berupa berkas dan komputer yang ada di sejumlah ruangan di kantor tersebut tak luput menjadi tujuan pemeriksaan para penyidik.

Saat ini diketahui bahwa KPK memang tengah mengusut kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemkot Semarang. Penyidik bahkan telah mencegah Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita) bepergian ke luar negeri.

Selain perrempuan yang akrab disapa Mba Ita, KPK juga mencegah Alwi Basri (suami Ita), Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Martono, dan Rahmat U. Djangkar yang merupakan pihak swasta.

Setidaknya saat ini sudah ada tiga perkara korupsi yang diusut KPK yakni, dugaan tindak pidana korupsi atas pengadaan barang atau jasa di lingkungan Pemkot Semarang tahun 2023-2024, dugaan pemerasan terhadap pegawai negeri terkait insentif pemungutan pajak dan retribusi daerah Kota Semarang, serta dugaan penerimaan gratifikasi tahun 2023-2024.


Pungli Rp 160 Juta, Mantan Lurah di Semarang Dituntut 4 Tahun Penjara