Mentan Andi Amran Minta Calo Proyek yang Berkeliaran di Kementan Segera Diproses Hukum

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman
Sumber :
  • Kementan

Jateng – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman konsisten dan tegas melakukan bersih-bersih terhadap perilaku korupsi di Kementerian Pertanian.

Mentan Amran Minta Aparat Penegak Hukum Tangkap Calo di Kementan dan Kroninya

Menurutnya, harga diri dan martabat Kementan harus dikembalikan seperti lima tahun lalu. Tepatnya pada peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2018.

Saat itu, Kementan di bawah kepemimpinan Mentan Amran mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Kementerian, Lembaga, dan Organisasi Pemerintah Daerah (KLOP) terbaik kategori Sistem Pengendalian Gratifikasi Terbaik yang diberikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mentan Copot Direktur yang Main Mata dengan Calo: Subuh Ketahuan, Paginya Dicopot!

Oleh karena itu, Ia mengingatkan kepada seluruh pejabat dan jajaran pegawai di lingkungan Kementan untuk tidak melakukan perbuatan tercela, seperti korupsi. Terutama dalam pengadaan barang dan jasa. 

Mentan Amran mengancam jika ada yang terbukti “main-main” akan langsung dicopot dan diproses ke aparat penegak hukum.

Amran Sulaiman Tanpa Kompromi Bersih-bersih Calo Proyek Pengadaan di Kementan

"Hari ini saya memerintahkan kepada Inspektur Jenderal (Irjen) untuk melaporkan ke aparat penegak hukum terkait pengaduan yang saya terima bahwa ada orang (calo/broker) yang menjanjikan kepada calon penyedia untuk memperoleh pengadaan di Kementan harus menyetor 15-20% dari nilai kontrak," ujar Mentan Amran, Sabtu, 7 September 2024.

Sebelumnya Inspektorat Jenderal telah memeriksa pihak-pihak yang terkait pengaduan dan hasil pemeriksaan diduga kuat ada unsur pidana umum dan pidana khusus. 

Halaman Selanjutnya
img_title