Mentan Bakar Semangat Ribuan Pemuda di Djakarta Theater

Mentan Andi Amran Sulaiman di acara Rembuk Pemuda
Sumber :
  • Dok Kementan

Jateng – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman membakar semangat ribuan pemuda yang hadir dalam rembuk pemuda Indonesia di Djakarta Theater, Jalan MH Tamrin, Jakarta Pusat. Pada kesempatan ini, Mentan meminta para pemuda belajar kejujuran untuk tahan banting dalam mewujudkan sebuah tujuan.

Pengamat: Ketegasan Mentan Amran Jangan Diganggu dengan Narasi Politik Kosong

"Kalian tahu, saya dulu dari daerah dan hidup dalam kemiskinan? Kalian tahu butuh lebih dari 25 tahun untuk saya memiliki perusahaan dan mendapat kepercayaan. Termasuk saat saya berdiri disini menjadi seorang Menteri Pertanian," ujar Mentan, Minggu, 8 September 2024.

Diketahui, dalam kegiatan ini turut hadir di antaranya  Ketua Dewan Pembina Rembuk Pemuda Rahayu Saraswati Djoyohadikusumo, Wakil Menteri KLHK, Alue Dohong, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar dan Deputi Bidang Pembangunan Manusia Bappenas, Amich Alhumami.

Dirjen FAO ke Mentan Amran: Kami Dukung Indonesia Capai Swasembada Pangan

Mentan mengatakan, kesuksesan tidak bisa didapat secara instan, juga tidak bisa didapat dari hasil mengemis baik melalui proposal maupun meminta secara langsung kepada para senior. Sebaliknya, kesuksesan butuh kerja keras dan belajar yang tekun sehingga memiliki kemampuan dan jaringan yang luas.

"Kalau ada yang minta lewat proposal saya pastikan itu adalah pemuda gagal dan bukan pemuda yang diharapkan Soekarno pada saat kemerdekaan. Ingat jangan kita meminta, tapi harus berusaha," katanya.

Mentan Amran Minta Aparat Penegak Hukum Tangkap Calo di Kementan dan Kroninya

Mentan menceritakan sewaktu muda dulu dia kerap merantau ke Jakarta dan tinggal di kamar butut hingga masjid-masjid besar seperti Istiqlal. Bahkan, dia pernah dicemooh karena hidup dalam kemiskinan.

"Dari situ saya belajar bahwa kalau suatu saat kita jadi pejabat, kita tidak boleh sombong apalagi takabur. Karena itu setelah saya jadi pejabat saya buka kantor saya untuk siapa saja yang memerlukan pelayanan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title